Kamis, 18 Oktober 2012

Sepuluh Entittas yang Dipasarkan


Orang pemasaan terlibat dalam memasarkan 10 jenis entitas, yaitu: Barang, Jasa, Pengalaman, Event, Orang, Tempat, Property, Organisasi, Informasi, dan Gagasan.
1.      Barang; Barang fisik merupakan bagian yang sangat besar dari usaha produksi dan pemasaran kebanyakan diberbagai Negara. Saat ini, tidak hanya perusahaan yang dapat memasarkan barang, berkat internet individupun bisa memasarkan barang.
2.      Jasa; Ketika perekonomian semakin maju, semakin meningkat proporsi kegiatan ekonomi yang difokuskan pada produksi jasa. Hotel, penyewaan mobil, tukang cukur, dokter, akuntan, pengacara, konsultan merupakan beberapa contoh penjualan jasa.
3.      Pengalaman; Dengan menggabungkan beberapa jasa dan barang, perusahaan dapat menciptakan, meragakan, dan memasarkan pengalaman. Walt Disney World’s Magic Kingdom merupakan pemasaran pengalaman dimana pelanggan mengunjungi kerajaan dongeng, kapal bajak laut, dan rumah hantu.
4.      Event (Acara Khusus); Para pemasar mempromosikan acara khusus yang terkait dengan waktu bersejarah, seperti olimpiade, ulang tahun perusahaan, pameran dagang, dan pementasan seni.
5.      Orang; Pemasaran selebriti saat ini menjadi bisnis penting. Sebagian besar bintang saat ini memiliki memiliki seorang agen, dimana sang manajer yang mengatur dan menjalin hubungan (kerjasama) dengan para agen2 kehumasan (PR) untuk mempromosikan artis yang dinaunginya.
6.      Tempat; Tempat-kota, Negara bagian, wilayah, dan bangsa2 keseluruhan bersaing secara aktif untuk menarik para turis, pabrik, dan kantor pusat perusahaan. Para pemasar tempat mencakup para spesialis pengembangan ekonomi, agen real state, bank komersial, asosiasi bisnis setempat, dan agen kehumasan serta periklanan.
7.      Property; Properti adalah hak kepemilikan tak berwujud baik itu berupa benda nyata (real estate) maupun financial (saham dan obligasi). Properti itu diperjualbelikan dan itu memerlukan pemasaran. Agen real estate bekerja atas nama pemilik atau pencari property guna menjual atau membeli real  estate untuk keperluan komersial atau tempat tinggal.
8.      Organisasi; Organisasi secara aktif bekerja untuk membangun citra yang kuat dan menyenangkan dalam pikiran masyarakat sasaran mereka. Perusahaan menghabiskan banyak dana untuk iklan identitas korporasi. Phlips memasang iklan dengan kalimat tetap yang berbunyi “Mari kita jadikan segalanya lebih baik”. Body Soap dan Ben & Jerry’s mendapatkan perhatian public karena memajukan kegiatan social. Universitas, museum, dan organisasi pertunjukan seni semuanya menggunakan pemasaran untuk menaikkan citra public mereka guna lebih memenangkan persaingan untuk mendapatkan audiens dan dana.
9.      Informasi; Informasi dapat diproduksi dan dipasarkan sebagai produk. Pada hakikatnya, produk yang berupa informasi diproduksi dan didistribusikan oleh sekolah dan universitas dengan harga tertentu kepada orang tua, mahasiswa, dan masyarakat. Ensiklopedia dan kebanyakan buku nonfiksi memasarkan informasi.
10.   Gagasan; Setiap tawaran pasar memiliki gagasan dasar. Produk dan jasa menjadi wahana untuk menyampaikan gagasan atau manfaat. Para pemasar sosial sibuk mempromsikan gagasan2 seperti “Katakan tidak pada narkoba”, “Selamatkan hutan tropis”, atau “Hindarilah makanan berlemak”.

9 komentar:

  1. Ijin nyalin yah, buat tugas kuliah 🙏

    BalasHapus
  2. Kak mau nanya ini mengenai tugas kuliah saya pertanyannya adalah kebutuhan atau keinginan apa yang ingin di miliki namun belum tersedia di pasaran

    BalasHapus
  3. Kaka ada contoh yang lebih spesifik ga yaa

    BalasHapus
  4. T.C. Iron - titanium boiling point - ITNALY STAR
    T.C. titanium blue Iron is a solid alloy made from gold and benjamin moore titanium is a key ingredient in several Chinese foods, including titanium sunglasses Chinese titanium nipple barbells cuisine. The aluminum alloy trekz titanium headphones consists of $10.99 · ‎In stock

    BalasHapus