Pemasar harus berupaya untuk
memahami kebutuhan, keinginan, dan permintaan pasar sasaran. Kebutuhan merupakan tuntutan dasar
manusia. Orang membutuhkan makanan, udara, air, pakaian, dan tempat tinggal.
Orang juga membutuhkan rekreasi, pendidikan, dan hiburan. Kebutuhan itu menjadi
keinginan bila diarahkan ke objek
tertentu yang mungkin dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Orang Amerika membutuhkan
makanan tetapi menginginkan hamburger, kentang goreng, dan minuman ringan.
Keinginan dibentuk oleh lingkungan masyarakat seseorang. Permintaan adalah keinginan akan produk tertentu yang didukung oleh
kemampuan untuk membeli. Perusahaan harus mengukur bukan saja berapa banyak
orang yang menginginkan produk perusahaan melainkan juga berapa banyak yang
akan benar2 bersedia dan mamapu membelinya.
Perbedaan2
itu memperjelas kritik yang sering dilontarkan bahwa “para pemasar menciptakan
kebutuhan” atau “pemasar membuat orang membeli barang yang tidak mereka
inginkan”. Para pemasar tidak menciptakan kebutuhan, kebutuhan telah lama ada
sebelum muncul pemasar. Para pemasar, bersama sejumlah faktor masyarakat lain,
mempengaruhi keinginan. Para pemasar bisa mempromosikan gagasan bahwa Mercedes
akan memuaskan kebutuhan seseorang akan status sosial, akan tetapi mereka tidak
menciptakan kebutuhan akan status sosial.
makasih sangat membantu
BalasHapusSangat membantu
BalasHapus