Rabu, 31 Oktober 2012

RELASIONAL DAN JARINGAN KERJA



Pemasaran transaksi merupakan bagian dari gagasan yang lebih besar yang disebut pemasaran relasional (relationship marketing). Pemasaran relasional mempunyai tujuan membentuk hubungan jangka panjang yang saling memuaskan dengan pihak2 yang penting—pelanggan, pemasok, distributor—dalam rangka mendapatkan dan mempertahankan bisnis mereka. Pemasaran relasional membentuk ikatan ekonomi, teknik, dan sosial yang kuat diantara pihak2 yang berkepentingan. Pemasaran jenis ini akan memangkas biaya transaksi dan waktu.
Hasil puncak dari pemasaran relasional adalah terbentuknya asset perusahaan yang unik yang disebut jaringan kerja pemasaran (marketing nework). Jaringan kerja perusahaan terdiri dari perusahaan dan pemercaya (stakeholder) pendukung (pelanggan, karyawan, pemasok, distributor, pengecer, agen periklanan, ilmuwan universitas, dll) yang dengan mereka perusahaan membangun hubungan bisnis timbal balik yang saling menguntungkan. Semakin lama, persaingan bukan hanya antar perusahaan, melainkan antar jaringan kerja, dan kemenangan akan didapat oleh perusahaan yang telah  membangun jaringan kerja yang lebih baik. Prinsip yang digunakan adalah sederhana, Bangunlah jaringan kerja relasional yang efektif dengan pemercaya utama, dan laba akan menyusul.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar