Tawaran akan berhasil jika memberikan nilai dan kepuasan
kepada pembeli sasaran. Pembeli memilih diantara beraneka ragam tawaran yang
dianggap memberikan nilai yang paling banyak. Nilai dapa dilihat terutama
sebagai kombinasi mutu, jasa, dan harga (QSP: Quality, Service, Price), yang
disebut tiga serangkai nilai pelanggan.
Nilai meningkat jika mutu dan layanannya meningkat serta menurun jika harganya
meningkat (Kotler, 2003).
Lebih khusus lagi, kita dapat mendefinisikan nilai (Value) sebagai rasio antara banyaknya
yang diperoleh pelanggan dan banyaknya yang diberikan pelanggan. Pelanggan mendapatkan
manfaat dan mengeluarkan biaya. Manfaat mencakup manfaat fungsional dan manfaat
emosional. Biaya mencakup biaya moneter, biaya waktu, biaya energy, dan biaya
fisik.
Pemasar dapat meningkatkan nilai tawaran pelanggan dengan beberapa cara, yaitu:
Pemasar dapat meningkatkan nilai tawaran pelanggan dengan beberapa cara, yaitu:
- Meningkatkan manfaat
- Menurunkan biaya atau harga
- Meningkatkan manfaat dan menurunkan biaya
- Meningkatkan manfaat lebih besar daripada kenaka biaya
- Menurunkan manfaat lebih kecil daripada penurunan biaya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar