Asosiasi Pemasaran Amerika mendeinisikan pemasaran sebagai proses perencanaan dan pelaksanaan pemikiran, penetapan harga, promosi, dan penyaluran gagasan, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memenuhi sasaran2 individu dan organisasi.
Penanganan proses pertukaran supaya berhasil menuntut banyak pekerjaan dan ketrampilan. Manajemen pemasaran terjadi ketika sekurang-kurangnya satu pihak calon pelaku pertukaran berfkir tentang sarana2 untuk memperoleh tanggapan yang diinginkan oleh pihak lain.
Kita melihat manajemen pemasaran sebagai seni dan ilmu untuk memilih pasar sasaran serta mendapatkan, mempertahankan, dan menambah jumlah pelanggan melalui penciptaan, penyampaian, dan mengkomunikasikan nilai pelanggan yang unggul (Kotler, 2003).
Peter Drucker, seorang pakar teori manajemen terkemuka mengatakan:
"Orang dapat menganggap bahwa penjualan akan selalu dibutuhkan. Akan tetapi tujuan pemasaran adalah membuat penjualan tidak terlalu penting lagi. Tujuan pemasaran adalah mengetahui dan memahami pelanggan dengan baik sehingga produk/jasa itu cocok dengan pelanggan dan selanjutnya mampu menjual dirinya sendiri. Yang dibutuhkan selanjutnya adalah menyediakan produk/jasa itu.
Kalo menurut friends sendiri bagaimana? :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar