Selasa, 13 November 2012

PERSAINGAN

Persaingan mencakup semua tawaran dan barang pengganti yang bersaing secara aktual dan potensial yang bisa dipertimbangkan oleh pembeli. Kita dapat membedakan empat level persaingan berdasarkan tingkat kemampuan penggantian produk, yaitu: 
  1. Persaingan Merek; Perusahaan memandang pesaingnya adalah perusahaan lain yang menawarkan produk dan jasa yang serupa dengan harga yang sama. Volkswagen mungkin melihat pesaing utamanya adalah Toyota, Honda, Renault, dan perusahaan pabrik mobil berharga menengah lainnya. Dia tidak akan menggangap dirinya bersaing dengan Mercedez atau Hyundai.
  2. Persaingan Industri; Perusahaan memandang pesaingnya adalah semua perusahaan yang menghasilkan produk atau jenis produk yang sama. Volkswagen akan memandang dirinya bersaing dengan semua perusahaan mobil lain.
  3. Persaingan Bentuk; Perusahaan memandang pesaingnya adalah semua perusahaan yang membuat produk atau kelas produk yang sama.  Volkswagen akan melihat dirinya bersaing tidak hanya dengan pabrik mobil lain melainkan juga pabrik sepeda motor, sepeda, dan truk.
  4. Persaingan Generik; Perusahaan memandang pesaingnya adalah semua perusahaan yang bersaing untuk mendapatkan uang konsmen yang sama. Volkswagen akan melihat dirinya bersaing dengan berbagai perusahaan yang menjual barang tahan lama, liburan ke luar negeri, dan rumah baru yang dibutuhkan konsumen (Kotler, 2003).

1 komentar: